#Mengupas Stb (Sumba timur bercerita) “GROUP TERPANAS”




harus di akui pengguna internet di sumba masih sangat sedikit, itupun hanya dalam lintas wilayah kota waingapu, dsb kalaupun ada di luar kota jumlah nya tidak seberapa, namun semenjak kemunculan group Stb (Sumba timur bercerita) banyak individu yang berusaha mengakses internet untuk mengikuti isu isu polsosbud yang berkembang di tengah masyarakat.

mari kita mencoba mengupas kenapa Stb berhasil mengkristalisasi isu yang beredar di media maya khusus lintas sumba-ntt, sehingga menjadi buah bibir di tengah masyarakat bukan Cuma di waingapu malahan sudah sampai lintas kupang dan Jakarta

1.       Admin yang misterius
Dari awal kemunculan group ini, sudah banyk yang mempertanyakan siapa atau kelompok mana yang menjadi admin, namun selaku admin selalu saja tidak di tanggapi pertanyaan ini, selain itu sifat admin yang selalu muncul secara tiba tiba sangat menjengkelkan!!! Dan kekaburan posisi admin pun menjadi kendala tersendiri.

Ada yang pernah menyatakan adminnya adalah sebuah kelompok yang terdiri dari 5 orang, namun adminnya tetapa 1, ada yang menyatakan umbu nababan (saya sendiri) yang termasuk salah satu dari ke 5 orang ini, ada yang menyatakan ali oemar fadaq dan kroni-kroninya, atau jo landi dan beberapa nama lainya.


2.       Dinamika yang terjadi dalam Stb
Dinamika di Stb sangat menarik bagi kebanyakan orang di mana terkadang adem adem ayam, terkadang terbakar sangat besar, dimana kata kata kasar begitu gampang di utarakan, sehingga bukan hal yang asing apabila 1 topik bisa memakn waktu yang panjang dan tanpa solusi.

Dinamika inipun memunculkan nama nama orang yang tiba tiba melesat bagai meteor, sehingga kadang media ini di jadikan sebgai alat menginklankan diri, sampai sampai ada gossip kalo salah satu member mendapat promosi jabatan karena selalu mati matian membela kepentingan “pihak tertentu”

3.       Kebebasan menyampaikan pendapat
Dengan kurang intensnya admin memainkan “ritme” dalam group, maka Stb seolah olah menjadi ruang mempublish segala isu dan pendapat, sehingga seringkali dalam 1 hari isu yang di lempar bermacam macam, tinggal bagaimana si pencipta isu memanage isunya sebagus mungkin sehingga menjadi topic terhangat dalam Stb.

Selain itu semua member berhak mengeluarkan pendapat, dengan menggunakan sudut pandang apapun, dn inilah yang menghasilkan konflik baik positif maupun negative, namun semua itu di kembalikan pada pembaca dan member,  untuk memfilter isu dan menyampaikan pendapatnya.

Dan yang lucunya ketika ada beberapa member yang merasa pendapatnnya tidak di akomodir di Stb, maka berusaha membuat intimidasi dengan membuat group tandingan, yang namanya sama persis ataupun hanya sebuah bentuk pelampiasan kekesalan terhadap group Stb, tapi harus di akui Stb (Sumba timur bercerita) tetap terdepan

Akhir kata , ini ulasan awan tentang Stb (Sumba timur bercerita) group yang mengguncang!!


“Ketika marketing politik adalah sebuah manipulasi politik untuk meredam isu isu politik maupun sosial yang berkembang, maka masyarakat di tuntut lebih jeli dan kritis.(umbu nababan)”

Waingaou, 10 april 2013

Komentar

  1. salam kenal sahabat. sya mencoba kembali tertarik ketika salah satu grup facebook terhot di pulau sumba, ketika umbu nababan untuk mengulasnya. dan memang tak salah orang menyebut stb, adalah grup maut yang pernah ada di arena facebook. setiap member pasti punya alasan yang berbeda namun tak jauh-jauh tipis (istilah baru dari saya) dari sebuah zona guantanamo nya fobamoratas. karena di grup ini kita akan berhadapan dengan beribu karakter postingan dan arena caci maki gratis setelah acount salah satu member di aprroved oleh admin yang coba menyembunyikan diri dan menghapus jejak nya di setiap sudut dunia maya yang pernah di singgahinya. tapi bagi saya tidak lah menjadi soal siapakah si misterius itu karena yang pasti admin nya adalah manusia yang mengambil dan menempatkan dirinya sebagai anonym.

    masa berkembang dan familiarnya blog jauh sebelum facebook itu datang. entah secarah kebetulan atau tidak, blog dan grup sumba timur bercerita mengambil nama yang sama. sya sempat mencari dan coba menjebak admin nya lewat beberapa kiat yang saya pelajari di dumay dengan cara yang pas-pasan,(seadanya dan dengan tingkat pemahaman yang seadanya). tapi keburuh adminnya menghapus seluruh jejaknya.----
    tapi bagi saya tidak penting siapakah admin nya grup stb itu sendiri.karena jawabannya adalah
    1 blog ada sebelum era fb. jadi grup stb merupakan bentuk lain dari blog stb itu sendiri
    2 di sumba khususnya di waingapu, orang yang melek tentang blog itu tidak bisa di hitung dengan jari. artinya, jumlah tak lebih dari satu atau dua (jari kan jumlah nya sepuluh berarti belum bisa di hitung dengan jari---hehehehee, just kid my bro)
    3 dan pengasuh nya adalah, heheheheheh, silakan di jawab sendiri mas bro.
    teori nya adalah pecahan-pecahan dari sebuah kejadian/aktivitas yang pada suatu saat akan berkumpul untuk membentuk sebuah kesimpulan .
    -salam

    BalasHapus
  2. hahahahahahahha,, analisis yang menarik, salut saya, banyak kepingan yang berhasil disatukan :)

    BalasHapus
  3. roberto hosea, umbu nababan mungkin kah adalah orang yang sama atau kebetulan perna berpapasan di di jogja. pertanyaan nya adalah kenapa http://umbuspiderno.blogspot.com/ bisa memiliki tuan sedangkan sumba timur bercerita tak bertuan. lalu menyebut lima untuk di acount sumba timur. apakah jho landi termasuk di dalam nya. (lima= lingkar marhaen?), oh ternyata tidak
    bloger yang eksis di wangapu adalah besutan komunitas bloger ntt yang tergabung dalam flobamora comunity.
    saran saya cuman satu, basmi seluruh acount palsu di stb agar lebih bermartabat. jika tidak, anda sudah menyumbang sekian dosa manusia-manusia konseptor tanpa aksi di stb. degradasi moral dan komunikasi yang buruk di stb salah satu penyebabnya adalah anda, karena melakukan pembiaran terhadap para psikopat dunia maya. jadikan stb sebagai salah satu piranti yang memperlihatkan asas kemanusian di ntt. apalah artinya, stb dengan kegaduhan yang ada, tetapi jauh dari dari kesan humanisme.
    salam untukmu admin stb

    BalasHapus
  4. om roberto hosea : wah kurang tau lagi om pernah ketemu atau tidak,,, tapi yang pasti saya tidak pernah menyatakan diri sebagai admin sumba timur bercerita... saya cuma tertarik "bermain, dan menganalisa"

    apakah jho landi, admin Stb? sya juga kurang tau itu om

    iya kebetulan saya anggota dari flobamora comunity, penggiat blog di waingapu, sayangnya saya masih sendiri jadi masih segini2 saja geliat bloger di waingapu dan sumba secara keseluruhan

    BalasHapus
  5. OOT, Bro umbu apa kabar? keep nulis bro... :)

    BalasHapus
  6. kabar baik... iya tapi sesekali saja,,, itupun jarang naik ke blog hehehehhe

    BalasHapus

Posting Komentar